Solo (JarraposNTB.com, sabtu 17/7/2021) Kapolri dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Solo akan melakukan tinjauan vaksinasi di Balai Kota Solo. Sehari sebelum pelaksanaan Vaksin berlangsung Orang nomor satu di institusi Polri itu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Warung HIK sehingga mengagetkan bakul wedangan atau HIK di kawasan Kerten, Solo, Jawa Tengah.

Jendral Listyo kemudian membagikan paket sembako dan masker di warung HIK, yang kepergok masih buka meski sudah melewati masa jam operasional PPKM Darurat. Jendral yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Solo itu kemudian berbincang dengan penjual HIK, memakai bahasa Jawa Kromo, atau bahasa Jawa halus.

Jendral bintang Empat ini mendengarkan keluhan pedagang HIK karena pemberlakuan PPKM darurat oleh pemerintah membuat omzet penjualan mereka menurun hingga 50 persen.

Keluhan penjual HIK ini kemudian dijawab Sigit, bahwa kebijakan PPKM Darurat dikeluarkan pemerintah untuk melindungi warga dari ancaman Covid-19.

“Karena angka covid kan sedang tinggi, jadi supaya masyarakat aman, terus angka covidnya bisa turun, maka aturannya dibuat,” ungkap Jendral Sigit.

Kapolri juga menjelaskan, meskipun penerapan PPKM Darurat, warung HIK tetap masih boleh berjualan sampai jam 20.00 WIB.

Pedagang juga diberitau oleh Kapolri agar memberi tau pelanggannya memakai masker apabila ada pelanggan warung HIK tidak mengenakan masker. Diakhir perbincangan Kapolri memberikan paket sembako dari pemerintah kepada pedagang HIK.

“Ini untuk tambah-tambah. Kalau nanti sudah habis, wonten pak polisi lewat bilang pak polisi, bantuane wingi mpun telas. Mben, diparingi malih. Niki wonten masker, nek ada pembeli gak pake masker, jenengan sukani nggih?,” tandas Kapolri dengan bahasa Jawa Halus.

Selain membagikan paket sembako ke warung HIK, Listyo juga secara door to door membagikan paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19.

Sementara itu, warga bernama Sarjono dan Agus Haryanto asal Kerten sangat senang dapat bantuan dari kapolri.Dia berharap bisa membantu kebutuhannya karena selama PPKM Darurat harus libur dulu tempatnya bekerja.

“Saya tinggal bersama istri anak. Dan kerjaan libur, pendapatan juga turun. Saya berharap pandemi dan PPKM Darurat selesai, ” ungkap Sarjono.

Seperti diketahui, Kapolri dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dijadwalkan akan melakukan tinjauan vaksinasi di Balai Kota Solo.

Selain di Balai Kota Solo, keduanya juga sudah meninjau vaksinasi di Graha Saba Buana pada hari Sabtu 17Juli 2021.(Boy Arsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here